WHY I LOVE EXO

Nggak tau kenapa hari ini gue random banget tiba-tiba mau ngomongin EXO. Kayaknya gara-gara gue lagi seneng banget karena fanfic gue akhirnya udah dipublish di blognya EXO Fan Fiction Indonesia. Lebay banget sih, padahal mah biasa aja. Terus tau-tau kepikiran kayaknya gue belum pernah ngomongin EXO dan gimana awalnya gue bisa sampai ngefans sama mereka.

EXO?
Who are they?

EXO merupakan boyband kpop asal Korea Selatan yang pada formasi awalnya debut dengan dua belas anggota. Mereka dibagi jadi dua sub-grup, yaitu EXO-K dan EXO-M. EXO-K fokus dengan aktivitas di Korea sedangkan aktivitas EXO-M lebih fokus di Tiongkok. Tapi menurut gue kayaknya sama aja, bedanya cuma EXO-K nyanyi pake bahasa Korea, sedangkan EXO-M nyanyi pake bahasa Mandarin. Eh, nggak tau deng, guenya aja yang sotoy, haha maklum noob. Mohon dikoreksi ya, EXO-L.
Iya, mereka tuh selalu bikin album dalam dua bahasa, yaitu bahasa Korea dan Mandarin. Versi Korea dinyanyiin sama member EXO-K, sedangkan versi Mandarinnya dinyanyiin sama member EXO-M. Tapi bukan berarti mereka selalu dipecah antara K dan M, mereka tetap punya lagu yang dinyanyiin sama seluruh membernya.

Selama beberapa bulan nggak pernah nongol di kampus, tiba-tiba temen pada kaget lihat lockscreen HP gue ada foto jidatnya D.O dan background laptop yang gue pasang gambar animasinya EXO. Mereka kaget, “Lah, sejak kapan lo suka EXO?” Gue cuma ketawa-tawa doang.
Gue nih termasuk fans yang baru netes, masih anget. Gue sebenarnya udah tau EXO dari jaman gue baru-baru masuk kuliah dulu, cuma karena awalnya lihat formasi mereka dengan dua belas anggota, gue rada males kepoinnya karena bocahnya kebanyakan gitu nggak, sih? Gue sebenarnya agak males ngapalinnya karena emang dari dulu gue juga nggak terlalu suka sama boyband, apalagi yang manggungnya rame-rame banget gini.

Kangen yah sama OT12 :(

Waktu masih gemez

Sepanjang perjalanan gue di dunia fangirl perkeipopan, dari dulu gue cuma ngefans sama FTIsland sejak 2009, waktu Song Seunghyun baru banget gabung menggantikan Oh Wonbin di posisi gitaris. Pokoknya pas masih jaman Kpop generasi kedua. Selama itu gue sama sekali nggak ngikut-ngikut fandom lain, pokoknya setia sama FTIsland tok.
Sebenernya sempet karbitan SHINee juga sih, pas 2010 tapi cuma ngikutin mereka selama setahun karena gue sadar, ternyata gue nggak sanggup multi-fandom. Duit jajan gue habis buat beliin perintilan-perintilan mereka. Waktu itu gue masih SMA, dan percayalah, punya perintilan Kpop itu dulu merupakan sebuah bukti sejauh mana fangirl mencintai idolanya. Fak. Rasanya gue mau nangis kalau inget berapa banyak uang jajan gue yang melayang cuma buat beli album (jarang karena mahaaaal) poster, majalah, kaos (yang paling sering) dan merchandise lainnya. Hadeh, itu kalo ditotalin bisa buat beli tanah kali ya :(
Walaupun cuma sempat jadi fangirl SHINee selama setahun sampai 2011 akhir, tapi waktu itu gue total abezzz. Pas SHINee ke sini gue nekat nyamperin mereka. Kalau ada yang inget, dulu pas tahun 2010, SHINee pertama kali datang ke Indonesia di acara Korea-Indonesia Friendship Festival (KIFF) dan tiket masuknya gratis tis tis! Saat itu gue kelas dua SMA, gue pergi ke sana bertiga sama temen gue, bener-bener berangkat sendirian. Kelar acara super malem dan untung pulangnya dijemput nyokapnya temen gue. Padahal besoknya ada UTS dan kita bertiga udah bodo amat. Acaranya di Istora Senayan dan mereka cuma nyanyi tiga lagu. Waktu itu pas lagu 'Hello' baru banget rilis dan katanya mereka, Indonesia jadi negara luar pertama yang bisa lihat perform live stage-nya 'Hello'. Kalau diinget-inget, dulu panggungnya masih keciiiiil banget, nggak kayak sekarang dan gue baru nyadar kalo sekarang mereka sudah benar-benar jadi superstar.


Maaf kalo kualitas gambarnya jelek, dulu ngambilnya masih pake hengpon jadul :(

Asli, gue dulu sesuka itu sama SHINee. Makanya pas Desember tahun lalu dengar kabar Jonghyun meninggal dunia, gue nggak percaya. Literally beneran nggak percaya. Sampai gue lihat  sendiri video pas Jonghyun mau dimakamin which is dia jelas-jelas udah ada di dalem peti, dan gue masih aja bengong. Kayak apa ya, gue ngerasanya Jonghyun kayak masih ada aja gitu. You know what I mean. Tapi gue nggak yang nangis-nangis kehilangan kayak fans lain, lebih ke syok dan kaget aja, like man, is this even real? Yang gue rasain lebih seperti, ‘anjir, gue dulu pernah jadi fangirl SHINee, dulu gue pernah ngejar-ngejar bisnya mereka pas di Senayan, gue pernah ngefans berat sama mereka, gue pernah ngefans juga sama Jonghyun, dan dia sekarang udah nggak ada’.

Oke, gak ada yang pernah tau takdir akan menjadi seperti apa.

Balik lagi ke fandom utama gue, Primadonna, alias fangirlnya FTIsland. Dulu jadi Primadonna itu enak nggak enak. Enaknya, fandomnya nggak rusuh karena nggak terlalu banyak juga yang tahu. Nggak enaknya, kalau ada acara apa-apa FTIsland jarang banget nongol atau dapet award, terlebih lagi fansnya nggak sebanyak idol lain yang notabene boyband/girlband, sedangkan FTIsland kan grup band dan alirannya cenderung rock jadi fansnya lebih banyak di Jepang dibanding negaranya sendiri.
Gue udah mulai nggak terlalu ngikutin Kpop sekitar tahun 2014. Saat itu gue lagi tahun pertengahan di universitas dan lagi sibuk-sibuknya ngampus, jadi udah mulai males ngikutin karena nggak ada waktu. Selain itu gue ngerasa FTIsland juga nggak terlalu banyak disorot media Korea, nyari kabarnya pun agak susah karena mereka lebih banyak debut di Jepang. Yah mungkin karena saat itu gue nggak nemu masternimnya aja kali. Tapi ya gue tetep punya semua album FTIsland di laptop dan tetep dengerin itu sampai sekarang. Gue ngikutin dari jaman Minhwan masih SMA sampai besok doi katanya udah mau nikah muda aja. Dari jaman mereka masih piyik, abege ceking-ceking sampai sekarang udah pada jadi om-om ganteng. Njir. Umur personil mereka sekarang udah pada 30 tahun dan ini tahun ke sembilan gue jadi Primadonna. Anjir, gue tua! Btw gue nggak akan pernah melupakan FTIsland karena emang merekalah yang menjadi pintu gerbang gue ke dunia Kpop.


FTIsland

Jadi, sejak kapan gue suka EXO?

Gue pertama kali tertarik sama EXO pas MV Universe tiba-tiba nongol di bagian recommendation di Youtube. Terus gue lihat, video ala-ala barista gitu, sederhana tapi sangat estetik. Terus gue googling dah tuh mereka, terus gue mulai seneng, terus gue cari tahu lagu-lagunya yang enak apa aja. Gue awalnya download sekitar 20an lagu sampai ngefollow Spotify-nya buat lebih tahu lagu-lagu mereka. Ternyata lagunya enak-enak dan gue emang dari dulu suka banget lihat D.O (baca: Dio, buka De-o) aka Kyungsoo. Gue selalu nonton drama dan filmnya tapi ya gitu-gitu doang. Gue tahu dia anak EXO trus yaudah cukup tau aja, nggak yang gimana-gimana. Gue juga nonton variety show 'Roommate' yang ada Chanyeol-nya pas tahun 2014 lalu tapi terus yaudah gitu doang.
Nah, dari MV itulah yang mengantarkan gue kepada abang-abang legit ini. Sedikit menyesal kenapa nggak dari dulu ya gue suka sama mereka anjir. Kenapa gue malah baru suka pas Lay lagi  sibuk jadwal individu di Tiongkok dan hampir dua tahun nggak bareng sama mereka? Kenapa gue baru suka pas membernya udah ilang tiga :( Well, ok, jadi sekitar tahun 2015, Kris keluar. Lalu disusul Luhan, trus Tao ikut-ikutan (gue nggak mau cerita kenapa mereka bisa sampai keluar, lo googling sendiri aja beritanya). Hampir semua member Cina-nya keluar dan sekarang cuma Lay yang masih bertahan.
Oh iya btw, EXO-M itu gak semua membernya orang Tiongkok. Dua di antaranya ada yang orang Korea asli, si Chen dan Xiumin. Mereka itu native Korea tapi masuk ke sub grup EXO-M, bahkan mereka juga belajar Mandarin supaya mempermudah aktivitasnya bareng EXO-M. Jadi, perbedaan K sama M itu hanya di aktivitasnya dan lirik lagunya, bukan karena membernya beneran orang Korea atau Tiongkok loh, ya. SM nggak serasis itu kok.
Tapi gue ngerasa wajar juga sih kalau gue baru bisa suka EXO sekarang. Gue emang dari dulu nggak terlalu suka sama idol Kpop yang unyu-unyu baru netes gitu, terutama yang umurnya di bawah gue. Nah, kebetulan EXO udah debut hampir enam tahun, otomatis penampilan mereka yang sekarang juga udah lebih mature, dong. Dan kebetulan emang hampir semua membernya lebih tua dari gue. Fyi, member termuda mereka (Kai & Sehun) seumuran sama gue. Kayaknya dari sinilah gue bisa demen sama mereka. Gue lebih suka oppa-oppa yang berkharisma dibanding dedek gemes yang kebanyakan aegyo. Gue udah tua juga lah, kayak ngerasa udah nggak pantes juga kalo masih suka yang imut-imut gitu. But that's just my opinion.



 EXO OT9 from left to right:
Sehun, Suho, Baekhyun, Chen, Chanyeol, Xiumin, D.O, Lay, Kai


One more plus about EXO, talenta mereka sungguh luar biasa. Ada suara-suara emas di antara abang-abang yahud ini. Di antaranya ada Chen, Baekhyun, Xiumin, dan D.O.
Gue nonton salah satu episode Weekly Idol pas EXO jadi bintang tamunya, mereka disuruh nyanyi high note dengan D.O sebagai starter. Dia nyanyi nih, terus dia bilang kalo dia kebagian nada rendah. Gue pas denger: anjir kayak begitu rendah, rendah palelu botak. Kemudian dilanjutin sama si CBX (Chen, Baekhyun, Xiumin), gue sampai pusing dengernya. Kalau gue nyoba nyanyi pake high note-nya Chen, kepala gue udah meledak kali.
Mereka bener-bener se-amazing itu. Dan menurut gue yang suaranya sangat merepresentasikan EXO itu si Baekhyun. Suaranya khas banget, walaupun in some cases kadang gue masih suka ketuker antara suara Baekhyun dan suaranya D.O. Tapi Baekhyun jelas punya pitch yang lebih tinggi, sedangkan suara D.O lebih berat dan serak.
Lalu mendadak jadi ngebayangin kalau Baekhyun atau Chen lagi ngaji. Suaranya aduuuh... itu kursi di kelas yang posisinya manteng di bawah AC kalau lagi kuliah, masih kalah adem kali ya.
Selain punya kemampuan menyanyi yang luar biasa, beberapa member lainnya juga jago banget ngedance. Ambillah contoh Kai, Lay dan Sehun. Si bloon dan duo maknae ini kalau lagi ngedance, buset, seksi bener. Gue lihat-lihat video latihan mereka di Youtube, emang Kai, Lay dan Sehun yang paling menonjol kalau lagi latihan koreografi. Badannya lentur dan kelihatan banget kalau mereka nggak butuh banyak effort buat melakukan setiap gerakan.
Nggak cuma nyanyi dan ngedance, mereka juga bisa akting. Semua member punya experience in acting. Buat gue juara akting nomer satu tetep D.O. Saking juaranya, produser-produser di Korea sampai bilang sendiri kalau D.O itu skill aktingnya di atas rata-rata, kayak bukan artis yang debut jadi penyanyi. Makanya di antara member EXO, yang filmography-nya paling banyak si D.O. Padahal kata gue, dia yang paling kagak ada ekspresinya. Kalo nggak lagi akting, tiap lagi ngapa-ngapain datar mulu mukanya. Hahaha.

Salah satu member shoot dari MV Universe. Gue jatuh cinta sama pala gundulnya D.O

Kalau ditanya biasnya siapa? Hmm… I don’t know. Gue bener-bener suka sama mereka semua, kalau harus milih salah satu, bingung. Dulu pas fangirling FTIsland juga begitu, ditanya biasnya siapa? Huaaa gak tau, gue mau semuanya! Hahaha anjir maruk lo.
Tapiiiii, kalau bener-bener harus disuruh milih, I’ll say D.O and Sehun. Lah, kok dua? Ya abisnya gue emang paling suka sama mereka berdua gimana dong, nggak bisa kalau beneran harus milih salah satu. Kenapa juga sukanya bisa sama mereka berdua ya, padahal D.O sama Sehun ini udah kayak kutub, sangat bertolak belakang. Kepribadian beda, posisi di grup juga beda banget, tinggi badan apalagi, LOL.
Kemungkinan sih, emang karena D.O dan Sehun itu yang paling mendekati tipe cowok gue. Secara fisik, Sehun itu tipe gue banget; tinggi dan bahunya lebar, bawaannya bikin pengen nyender mulu di bahunya (apasih). Sayangnya dia cadel dan ngomongnya lucu, hahaha. Dan menurut gue, Sehun tingkahnya lucu (lucu humoris maksudnya). Gue suka banget sama cowok lucu. Doi emang tipe gue banget, tapi di sisi lain karena terlalu memenuhi kriteria, menurut gue Sehun jadi terlalu sempurna bok, makanya D.O juga masuk kriteria ideal gue.
Nah lucunya, D.O ini kebalikan banget dari Sehun. Kalo Sehun kan visualnya aja yang udah kayak pangeran, tapi aslinya ngeselin, kalo bercanda kayak anak kecil (mungkin karena emang dia maknae/yang paling muda). Sedangkan si D.O dari segi penampilan mungkin kelihatannya doi imut-imut ya, karena badannya yang kecil, tapi aslinya doi yang justru paling diem di antara semua member. Dia introvert, tenang, kalem dan nggak macem-macem, dia kayak tipe yang nggak banyak ngomong tapi langsung gerak.
Kriteria gue emang semuanya ada di Sehun, tapi D.O juga punya pesonanya sendiri. Gue suka dia karena apa ya, gue bingung, suka aja pokoknya. Lebih ke auranya sih kayaknya. Gue kalo ditanya kenapa bisa suka D.O, gue sendiri bakal bingung. Gak tau mesti jawab apaan. Intinya cuma dia yang bisa bikin perut gue kayak ada kupu-kupunya. Halah. Justru karena ketidaksempurnaan yang dimiliki D.O itulah yang bisa bikin gue jatuh cinta. Halah(2).
Gara-gara EXO, gue jadi balik lagi ke dunia fangirl Kpop setelah bertahun-tahun, walaupun gue cuma ngikutin EXO dan nggak tau idol generasi ketiga lainnya selain mereka. Apalagi sekarang banyak banget grup-grup baru yang nggak pernah gue denger sama sekali. Maklum, fangirl beda generasi. Makanya kalau ada yang ngomongin lagu Kpop Gen dua, gue seneng banget, berasa ketemu temen seangkatan.
Gara-gara EXO juga yang bikin gue jadi lebih produktif sampai terinspirasi buat nulis fan fiction tentang mereka. Sekarang gue jadi suka nulis, deh. Walaupun telat, tapi ya nggak nyesel lah jadi sempat kenal sama mereka.

Comments

Popular posts from this blog

FENOMENA SECOND ACCOUNT, FAKE ACCOUNT, DAN STALK ACCOUNT

CANDU MEDIA SOSIAL